Bagaimana Cara Memelihara Ikan Koi dengan Benar

Ada berbagai macam hal yang perlu diketahui sebagai cara memelihara ikan koi dengan benar. Oleh sebab itu sebagai pemula peternak ikan koi sebaiknya mengetahui hal ini dengan baik supaya budidaya ikan koi yang dilakukan dapat berhasil dengan maksimal. Karena sering kali jika tidak memahami cara budidaya ikan koi yang tepat maka bisa jadi ikan koi tidak dapat berkembang biak atau tumbuh secara maksimal. Sehingga bisnis yang dijalankan berupa ternak ikan koi tidak dapat berhasil sesuai keinginan. Hal inilah yang membuat pentingnya memahami teknik yang baik, mulai dari mengetahui jenis filter air kolam ikan, sistem filter kolam koi, hingga cara menjernihkan air kolam ikan koi secara sederhana. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak beberapa penjelasan berikut ini.

 

 

Kolam Ikan Koi yang Cocok

Kolam Ikan Koi yang Cocok

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan yaitu memilih jenis kolam ikan koi yang baik dan tepat. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa jenis maupun ukuran kolam ikan koi sesuai dengan jumlah ikan koi yang hendak dipelihara. Jangan sampai kolam ukurannya terlalu kecil atau kurang nyaman lokasinya untuk ikan koi yang hendak dipelihara. Karena dapat mempengaruhi perkembangan dan budidaya ikan koi nantinya.

Ada beberapa jenis kolam koi yang dapat dibangun sesuai dengan ikan koi yang hendak dipelihara. Mulai dari kolam yang terbuat dari semen, terbuat dari tanah sekelililing maupun kolam yang berada di taman atau halaman rumah. Penentuan jenis material untuk membuat kolam ini juga penting untuk menentukan luasan dan lokasi dari kolam itu sendiri. Adapun sebaiknya hindari memelihara ikan koi di dalam akuarium karena ukuran akuarium yang biasanya terbatas dan tidak dapat maksimal dalam memelihara ikan koi.

Untuk ukuran ikan koi yang disarankan, sebaiknya minimal yaitu berukuran 1.5m x 2m dan memiliki kedalaman kurang lebih 50-8- sentimeter. Hindari kolam yang terlalu dangkal supaya jauh dari ancaman yang berbahaya misalnya kucing atau hewan pemangsa lainnya. Perhatikan juga jumlah air di dalam kolam serta jangan lupa juga untuk memasang filter air kolam koi supaya kebersihan kolam tetap terjaga secara maksimal dan ikan koi dapat tumbuh dengan sehat. Jika kolam kotor maka tentunya ikan koi tidak bisa tumbuh dan berkembang maksimal. Oleh sebab itu sangat penting memperhatikan detail-detail tersebut untuk memudahkan bisnis budidaya ikan koi berjalan lancar dan sesuai keinginan.

 

 

Air untuk Ikan Koin yang Baik

Air Untuk Ikan Koi Yang Baik

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu memperhatikan jenis kolam ikan koi yang baik. Ada baiknya mengetahui cara menjernihkan air kola mikan berwarna hijau supaya dapat lebih bersih dan dapat menjadi lebih jernih. Apabila air kolam cukup jernih maka biasanya ikan koi dapat tumbuh lebih optimal daripada di dalam air kolam yang keruh dan kotor. Inilah pentingnya filter air kolam ikan dipasang dan diletakkan dengan tepat pada kolam koi.

Adapun ada beberapa lapisan sistem filter kolam koi yang dapat menghasilkan air kolam yang jernih. Jika ingin tahu lebih lanjut berikut ini beberapa lapisan tersebut.

  • Filter yang pertama yaitu filter yang terdiri dari batu kerikil serta pasir dan dicampur juga dengan ijuk. Fungsi dari seluruh materal ini untuk membantu menyaring sampah yang mudah mengotori kolam koi. Seperti misalnya lumpur maupun jenis kototran lain yang mudah jatuh ke dalam kolam setiap harinya.
  • Filter kedua yaitu berupa karbon zeolite atau yang biasa membantu untuk menyerap racun ataupun kuman penyakit dan bau yang kurang sedap dari kolam. Filter ini menjaga supaya lingkungan kolam tetap sehat.
  • Filter ketiga yaitu pestisida yang membantu untuk penjernih air kolam ikan koi dan membantu mematikan bakteri yang mudah mencemari air kolam.
  • Filter terakhir yaitu umumnya berupa tumbuhan maupun batu-batuan yang dapat menjernihkan air kolam dengan mengikat kotoran halus yang berada di dalam air kolam.

Selain memasang filter, sebaiknya jangan lupa juga untuk mengecek keasaman air yang tepat. Kemudian sebaiknya juga padang pompa yang berukuran tepat sehingga air kolam tetap jernih. Di samping itu membantu sistem filter kolam koi bekerja lebih ringan. Sehingga dengan demikian maka kolam juga tidak perlu terlalu sering dikuras tetapi dapat bertahan tetap jernih hingga kurang lebih 2 minggu. Hal ini membantu ikan koi untuk tetap tumbuh maksimal dan sehat tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Baca juga: Kumpulan Jenis Pakan Ikan Koi Alami untuk Warna dan Jual Ikan Koi Blitar Murah Kirim Seluruh Indonesia

 

Langkah Pemberian Pakan Ikan Koi

Langkah Pemberian Pakan Ikan Koi

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu langkah pemberian pakan untuk ikan koi secara baik dan benar. Hal ini walau terlihat mudah tetapi menentukan kesehatan dan pertumbuhan ikan koi secara maksimal. Apalagi pemberian pakan juga beresiko mendatangkan kotoran hingga memberatkan penjernih air kolam ikan koi dalam bekerja. Di samping itu pakan ikan koi merupakan hal penting dalam memaksimalkan warna ikan koi supaya lebih cerah dan terang. Ini membuat pemberian pakan memang harus diperhatikan dengan seksama. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara yang disarankan dalam memberi pakan ikan koi.

  • Dapat menggunakan baik pakan alami maupun pakan buatan. Sebaiknya pilih yang memiliki kandungan gizi seimbang. Sehingga kebutuhan gizi ikan koi terpenuhi secara maksimal.
  • Berikan pakan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada saat pagi dan sore hari untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi ikan koi. Jangan terlalu sering karena bisa jadi ikan koi mudah membuang kotoran atau makanan justru tidak termakan dan mempercepat keruhnya air kolam. Jika pemberian pakan kurang maka biasanya ikan koi juga berwarna kurang baik dan tidak bisa tumbuh maksimal. Karena itu jumlah pemberian pakan yang tepat memang dibutuhkan.
  • Akan lebih baik jika memilih pakan yang mengandung protein tinggi dan vitamin yang berbagai macam. Karena umumnya protein yang cukup tinggi membantu perkembangan warna koi lebih cantik dan juga menarik. Misalnya memberikan pakan berupa kuning telur atau udang. Pakan alami ini terkenal memiliki jumlah protein tinggi yang baik untuk perkembangan tubuh ikan koi.
  • Lebih baik juga memilih pakan ikan koi yang mengandung karoten tinggi seperti wortel atau ganggang. Dengan demikian maka ikan koi memiliki warna di tubuhnya yang lebih jelas. Karena karoten membantu perkembangan pigmen ikan koi supaya lebih maksimal.

Itulah sedikit informasi tentang cara memelihara ikan koi dengan benar. Apabila masih bingung bagaimana langkah yang paling benar dan tepat, sebaiknya hubungi saja CV Agro Koi Farm Kediri (https://www.jualkoi.id/) yang akan membantu untuk memberi penjelasan serta membantu supaya bisnis ikan koi yang dijalankan dapat berhasil dengan maksimal. Melalui informasi yang baik tentunya langkah yang tepat untuk memelihara ikan koi dapat dilakukan sebaik mungkin. Sehingga budidaya ikan koi berjalan lancar serta bibit ikan koi yang dipelihara tumbuh dengan warna-warna cantik serta tidak berpenyakit.

 

Baca juga: Jual Ikan Koi Blitar Murah Kirim Seluruh Indonesia dan Cara Jitu Memilih Ikan Koi yang Bagus