Cara Tepat Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Supaya Untung Besar

Memelihara ikan koi tentunya dilakukan sebagian peternak ikan bukan tanpa alasan. Hal ini karena budidaya ikan koi masih dianggap cukup menguntungkan hingga saat ini. Sehingga tak heran jika masih banyak peternak ikan yang tertarik untuk memelihara ikan tersebut. Salah satunya melalui budidaya ikan koi di kolam terpal. Tentunya ada beberapa langkah yang wajib dipahami dengan jelas. Jika masih pemula dan merasa bingung bagaimana cara ternak ikan koi yang tepat di jenis kolam terpal, sebaiknya coba tanyakan pada CV Agro Koi Farm Kediri yang dapat membantu memberikan solusi. Namun jika ingin tahu informasinya secara umum, berikut ini beberapa penjelasannya.

Tips Budidaya Ikan Koi

Tips Budidaya Ikan Koi

Ada beberapa tips cara budidaya ikan koi di kolam terpal yang sebaiknya dilakukan untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya supaya budidaya dapat berjalan lancar, lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Pilih lokasi yang paling tepat untuk membangun kolam koi terpal. Terutama pastikan jauh dari lokasi predator yang dapat merugikan budidaya ikan koi pada akhirnya nanti.
  • Kolam terpal koi sebaiknya didirikan di luar ruangan, walau tidak menutup kemungkinan untuk didirikan dalam ruangan juga.
  • Pahami dengan jelas bagaimana cara budidaya ikan koi yang tepat. Termasuk cara yang baik dalam pembibitan, cara mengawinkan ikan koi, cara pemilahan ikan koi, sekaligus cara panen ikan koi yang baik.

 

Kelebihan Kolam Ikan Koi Terpal

Kelebihan Kolam Ikan Koi Terpal

Ada beberapa keuntungan jika menggunakan kolam terpal ikan koi. Yang pertama metode ini dapat memberikan keuntungan lebih besar. Selanjutnya juga dapat membantu supaya suhu air jauh lebih stabil. Di samping itu juga membantu agar kolam tidak bau tanah dan volume air dapat terjaga secara maksimal. Selanjutnya keuntungan lain yaitu panen ikan koi yang juga lebih mudah, termasuk membantu usia ikan koi yang juga lebih panjang. Bahkan kolam koi terpal ini juga membantu meminimkan hama dan penyakit yang dapat menyerang ikan koi.

 

 

Cara Membuat Kolam Kolam Ikan Koi Terpal

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Terpal

Selanjutnya cara membuat kolam ikan koi yang benar dan berbahan terpal adalah sebagai berikut:

  • Sediakan bahan yang memadai atau sudah berupa kolam terpal setengah jadi. Bisa dibeli juga di CV Agro Koi Farm Kediri.
  • Selanjutnya pastikan untuk memilih apakah akan membangun ikan koi di atas tanah atau di dalam tanah.
  • Metode untuk membangun kolam di atas tanah akan membutuhkan tambahan berupa rangka kayu. Sedangkan jika memilih metode membangun kolam di dalam tanah maka cukup disandarkan pada galian tanah yang telah disiapkan.
  • Perhatikan kondisi di sekitar kolam dan pastikan ada aliran udara yang baik serta juga sinar matahari yang cukup dan dapat masuk ke dalam kolam.
  • Pastikan juga ukuran serta kedalaman kolam supaya sesuai dengan kebutuhan budidaya ikan koi maupun jumlah ikan koi yang dipelihara.

 

Ukuran Kolam Ikan Koi Terpal

 Ukuran Kolam Ikan Koi Terpal

Sebaiknya ketahui dengan tepat ukuran kolam yang akan dibuat. Terutama jika membuat kolam koi terpal yang sudah direncanakan dari awal. Tentunya akan diukur lebih jauh kedalaman kolam ikan koi yang dibutuhkan supaya dapat memelihara ikan koi dengan baik dan tepat.

Pada umumnya kolam koi yang terbuat dari terpal memiliki ukuran lebar 4 meter x panjang 5 meter x tinggi 1 meter. Artinya kedalaman akan berada pada ukuran 1 meter. Untuk ukuran tersebut umumnya akan membutuhkan terpal sebanyak 6×7 meter secara keseluruhan. Pastikan untuk memilih bahan terpal yang halus. Kemudian siapkan galian pada tanah dan masukkan bahan terpal yang sudah disiapkan. Jangan lupa mengikat ujung tepi sekuat mungkin. Ini merupakan salah satu cara membuat kolam ikan koi agar tidak bocor. Selain itu jika ingin lebih kuat dapat pula ditambahkan ring besi pada bagian terpal yang diberi lubang. Dengan demikian kemungkinan bocor jauh lebih kecil dan minim.

Baca juga: Bagaimana Cara Memelihara Ikan Koi dengan Benar dan Jenis Pakan Ikan Koi Selain Pelet

Cara Perawatan Kolam Ikan Koi Terpal

Setelah mengetahui cara buat kolam ikan koi, selanjutnya yang juga wajib diperhatikan oleh para peternak ikan koi yaitu cara perawatan kolam koi terpal tersebut. Hal ini supaya kolam dapat selalu bersih sehingga ikan koi juga tumbuh sehat dan jarang terkena penyakit. Sebaiknya jangan lupa untuk mengatur supaya kolam dibersihkan secara rutin dan teratur. Terutama jika berdekatan dengan pohon dan sering tertimpa timbunan daun atau ranting kering. Ada baiknya pula jika menambahkan beberapa tanaman kecil di dalam kolam untuk tempat tinggal ikan. Bahkan beberapa jenis ganggang juga cukup bagus untuk pakan ikan koi. Terakhir selalu pastikan jumlah air di dalam kolam cukup memadai. Sehingga ikan koi dapat lebih leluasa bergerak serta tidak kehabisan oksigen. Karena itu sebaiknya ukur dengan tepat jumlah air yang akan dituangkan ke kolam sebelum memasukkan bibit ikan koi yang akan dipelihara.

 

 

Filter Air Untuk Perkembangan Ikan

Filter Air Untuk Perkembangan Ikan

Salah satu hal penting saat membudidayakan ikan koi di kolam terpal yaitu pemasangan filter yang tepat. Hal ini membantu memaksimalkan kebersihan kolam supaya lebih baik dan optimal. Oleh sebab itu sebaiknya ketahui bagaimana cara penempatan filter yang paling tepat. Umumnya filter dapat diletakkan pada dasar kolam terpal ikan koi. Dengan lokasi yang tepat tersebut maka kotoran pada dasar kolam termasuk sisa makanan maupun sisa kotoran ikan dapat diserap oleh filter secara maksimal. Dengan demikian kualitas air dalam kolam juga dapat terjaga secara maksimal dan budidaya ikan koi juga mengalami perkembangan signifikan.

Pembibitan Ikan Koi

Setelah paham bagaimana cara membuat kolam koi dari terpal termasuk bagaimana budidaya ikan koi yang tepat, maka juga penting memperhatikan bagaimana langkah untuk pembibitan ikan koi. Karena dengan proses pembibitan yang baik maka akan diperoleh ikan koi berkualitas sehat serta prima. Sehingga menunjang bisnis budidaya ikan koi supaya dapat memberi keuntungan maksimal. Umumnya proses pembibitan ini dapat dilakukan dengan 2 cara. Yang pertama yaitu meletakkan benih ikan koi langsung ke dalam kolam terpal. Kemudia selanjutnya cara kedua dengan memasukkan ikan koi betina dan jantan dan menunggu proses reproduksi berjalan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga sebaiknya pertimbangkan dengan baik mana metode yang ingin dipilih.

 

Itulah sekilas tentang cara membuat kolam ikan koi memakai bahan dari terpal. Dengan cara pemeliharaan yang baik dan tepat, tentunya budidaya ikan koi dapat berjalan lancar dan maksimal. Sehingga keuntungan yang diharapkan dapat diperoleh secara maksimal pula. Jangan sampai melakukan kesalahan dalam pemilahan ikan koi terutama bibit yang baik dan yang kurang baik. Karena itu selalu percayakan saja pada CV Agro Koi Farm Kediri (https://www.jualkoi.id/) yang sudah pasti memiliki bibit koi bermutu dan pilihan. Sehingga pembenihan ikan koi yang dilakukan berjalan sukses serta lancar dan memberikan banyak keuntungan.

 

Baca juga: 13 Jenis Ikan Koi yang Bagus dan Mahal dan Jual Ikan Koi Blitar Murah Kirim Seluruh Indonesia