Cara Mudah Budidaya Ikan Koi

5 Cara Mudah Budidaya Ikan Koi yang Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Koi
Cara Budidaya Ikan Koi

Bagi para pecinta ikan hias, tentu sudah merasa familiar dengan ikan koi. Selain cantik dilihat, ikan koi dipercaya merupakan pembawa keberuntungan bagi pemiliknya. Sehingga tak heran jika banyak yang gemar memeliharanya. Hal ini juga tentu bukan hal mudah karena perlu pengetahuan yang jelas tentang ikan yang satu ini. Oleh sebab itu, berikut akan dibahas seluk beluk cara mudah budidaya ikan koi supaya bagi para pemula dapat mengetahui langkah demi langkah untuk membudidayakan ikan ini.

 

Cara Budidaya Ikan Koi

Bagi para pemula, tentu menjadi sebuah pertanyaan tentang bagaimana cara budidaya ikan koi yang baik. Karena biasanya pemula tidak paham apa saja yang akan dan harus disiapkan. Serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan supaya budidaya ikan dapat membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Oleh sebab itu sebaiknya simak berikut ini beberapa cara budidaya ikan koi yang cukup mudah dan banyak dilakukan orang.

  1. Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

budidaya ikan koi di kolam terpal
Sumber: Instagram @aniyudhoyono

Cara memeliharan ikan koi yang pertama yaitu dengan jalan budidaya ikan koi di kolam terpal. Tentu banyak yang bingung apa yang dimaksud dengan kolam terpal. Lantas bagaimana cara membuatnya? Hal ini wajar saja bagi para orang awam jika tidak memahami maksudnya. Karena itu sebaiknya simak beberapa penjelasan berikut ini.

Kolam terpal yaitu suatu wadah dan sarana yang terbuat dari bahan dasar terpal. Cara membuat kolam terpal juga tidak susah. Tinggal sesuaikan bahan terpal dengan besarnya kolam yang ingin dibuat. Caranya dengan menggali lubang sedalam yang dibutuhkan dan kemudian pasang terpal sebagai dasar kolam di lubang yang telah digali.

Memakai bahan dasar terpal sebagai kolam untuk ikan koi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Tidak bau tanah karena dasar kolam memakai terpal sehingga bau tanah akan terhalang oleh material terpal yang digunakan. Hal ini membuat ikan yang dihasilkan juga tidak akan bau tanah.
  • Lebih praktis, karena aplikasi kolam terpal ini paling mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Sehingga banyak yang memilih metode ini jika ingin membangun budidaya ikan koi di kolam terpal.
  • Suhu lebih stabil, memakai kolam terpal dapat membantu suhu di dalam kolam cukup stabil sehingga ikan koi juga akan lebih nyaman dan sehat. Hal ini juga membuat ikan koi lebih jarang mengalami sakit atau hama.
  • Menjaga volume air, dengan menggunakan kolam terpal maka lebih mudah mengatur debit dan aliran air di dalam terpal. Hal ini paling cocok dan sesuai digunakan untuk membudidayakan ikan koi di daerah dengan sumber air yang minim. Dengan memakai terpal maka dapat disesuaikan banyak sedikitnya air sesuai kebutuhan saja.
  • Kolam terpal membutuhkan perawatan yang lebih mudah sehingga membersihkannya juga tidak susah. Inilah yang membuat kolam terpal cukup praktis dan salah satu cara budidaya yang banyak dipilih.
  • Dengan kualitas air yang lebih baik serta suhu yang cukup nyaman maka masa hidup ikan koi otomatis juga lebih panjang. Sehingga kemungkinan berkembang biak juga lebih maksimal.

 

  1. Budidaya Ikan Koi di Kolam Beton

budidaya ikan koi di kolam beton
Budidaya Ikan Koi di Kolam Beton

Cara budidaya ikan koi selanjutnya yaitu dengan jalan membuat kolam beton. Budidaya ikan koi di kolam beton hampir sama halnya dengan kolam terpal. Hanya saja secara modal awal tentu lebih butuh banyak biaya dibanding kolam terpal. Karena membuat kolam beton membutuhkan material yang tidak sedikit. Setidaknya perlu campuran pasir semen untuk membuat kolam yang kokoh dari bahan beton.

Adapun melakukan budidaya ikan koi di kolam beton memiliki beberapa keuntungan namun juga kelemahan. Budidaya ikan koi dengan cara ini biasanya memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Kolam beton lebih kuat dan bersifat permanen sehinga dapat digunakan berulang kali dan tidak perlu untuk diganti-ganti. Semisal tidak sobek atau rusak dan sebagainya.
  • Kolam koi dari beton juga dapat dibuat indah sehingga tidak hanya berfungsi sebagai media pembiakan budidaya ikan koi namun juga menambah nilai estetika pada area kolam.
  • Suhu pada kolam beton juga lebih mudah dijaga dibandingkan di kolam alami sehingga lebih mudah mengatur suhu yang diperlukan agar ikan koi dapat berkembang biak dengan baik.

Selain kelebihan seperti yang telah dikatakan sebelumnya, budidaya ikan koi di kolam beton memiliki beberapa kelemahan di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Harga pembuatan kolam beton tentu lebih mahal karena bahan baku dan materialnya cukup mahal juga.
  • Kolam koi beton berpotensi timbul lumut jika tidak rajin dibersihkan sehingga harus lebih sering dilakukan pembersihan.

Untuk budidaya ikan koi di kolam beton sebaiknya lakukan beberapa tips berikut di bawah ini supaya ikan koi tumbuh sehat dan optimal:

  • Selalu berikan pakan yang sesuai kebutuhan jumlah ikan koi di dalam kolam supaya kolam tidak mudah keruh dan kotor. Karena terlalu banyak makanan dapat membuat kolam mudah keruh dan kurang baik untuk kesehatan ikan koi di dalamnya.
  • Pastikan untuk selalu membersihkan kolam secara teratur supaya tetap terjaga pasokan air bersih dan udara yang sehat.
  • Sebisa mungkin sebaiknya buatlah kolam beton di tempat yang mendapatkan cukup sinar matahari supaya ikan koi tidak tumbuh dengan warna yang terlalu pucat.
  • Selalu perhatikan suhu kolam karena kolam beton cenderung suhunya lebih dingin. Ikan koi butuh iklim tropis yang sesuai supaya tumbuh dengan sehat.

Apabila memutuskan untuk melakukan budidaya ikan koi di kolam beton sebaiknya lakukan pertimbangan terlebih dahulu. Jangan lupa juga memilih bibit ikan koi yang baik dan sehat supaya budidaya dapat berjalan baik dan sehat. Karena itu sebaiknya percayakan pemilihan bibit ikan koi pada tempat atau jasa penyedia yang memang unggul dan dapat dipercaya. Salah satunya melalui Agro Koi Kediri yang telah berpengalaman dalam hal ini dan mampu memberikan masukan yang bermanfaat tentang budidaya ikan koi.

 

  1. Cara Budidaya Ikan Koi di Aquarium

cara budidaya ikan koi di aquarium
Sumber: Instagram @arif_koi

Untuk memeliharan ikan koi banyak juga yang mencoba cara budidaya ikan koi di aquarium. Beberapa penggemar ikan koi memelihara berbagai macam ikan koi yang menarik di aquarium untuk bisa menunjukkan keindahan ikan secara lebih jelas. Tentunya ini dilakukan bagi yang memiliki lahan terbatas di tengah kota.

Jika ingin melakukan budidaya memakai kolam, maka hal ini paling cocok dilakukan jika hanya memiliki lahan yang sempit dan terbatas. Misalnya memanfaatkan lahan pekarangan atau kebun untuk budidaya ikan. Terutama jika tinggal di kota besar yang memiliki masalah dengan keterbatasan lahan. Budidaya ikan koi di aquarium bisa jadi alternatif yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Cara budidaya ikan koi di aquarium ini tentu memiliki kelebihan serta kekurangan juga. Namun demikian banyak yang menyukai alternatif ini. Berikut ini kelebihannya jika memilih aquarium sebagai medium budidaya ikan koi:

  • Lebih baik saat dipandang karena aquarium tentu memiliki unsur estetika. Sehingga budidaya ikan koi di aquarium tidak hanya bermanfaat namun juga mendatangkan keindahan. Terutama pada para pecinta ikan hias. Ini dapat menjadi salah satu alternatif hiburan yang indah.
  • Memerlukan tempat yang lebih minim seperti misalnya di halaman atau di dalam rumah. Sehingga tidak butuh banyak tempat.

Sementara kelemahannya yaitu sebagai berikut:

  • Aquarium butuh untuk lebih sering dibersihkan karena perputaran air di dalamnya tidak berjalan alami. Sehingga sebaiknya jangan lupa untuk sering menguras aquarium paling tidak seminggu sekali dan mengganti air aquarium dengan air bersih.
  • Tempat yang terbatas sehingga tidak banyak ikan yang bisa dibudidaya dalam satu aquarium. Jika ingin melakukan budidaya dalam jumlah besar maka cara ini kurang efisien.

Adapun jika memiliki rencana untuk budidaya ikan koi melalui medium aquarium, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan supaya ikan selalu sehat dan tidak mudah mati. Berikut ini teknik cara budidaya ikan koi di aquarium yang tepat:

  • Persiapkan aquarium supaya menyerupai habitat asli ikan koi yang akan dibudidayakan.
  • Buat aquarium dengan ketinggian kurang lebih 50cm dan lebar kurang lebih 1 meter serta panjang kurang lebih 1,5 meter.
  • Berikan tambahan pipa pada aquarium untuk suplai air yang bisa silih berganti dilakukan supaya aliran air lancar dan tidak kotor. Karena air kotor memicu lumut dan lingkungan yang kurang sehat untuk mengembangkan ikan koi di dalamnya.
  • Sebaiknya buatlah filter koi pada aquarium untuk menyaring kotoran supaya lebih mudah dibersihkan dan memberi lingkungan yang cukup nyaman bagi ikan koi di dalamnya.
  • Tambahkan karbon supaya aquarium tidak mudah berbau amis. Karena umumnya dalam aquarium bau amis kana cepat sekali terjadi.
  • Lebih baik untuk menambahkan saluran oksigen di dalamnya supaya perputaran udara lebih maksimal dan tidak menyebabkan ikan mudah kekurangan oksigen. Apalagi aquarium jauh dari sinar matahari sehingga beresiko membuat ikan koi yang dipelihara di dalamnya lebih pucat daripada yang dipelihara di kolam.

 

  1. Cara Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

cara budidaya ikan koi bagi pemula
Sumber: https://www.flickr.com/photos/bagdadcafe/3503336869/

Ikan koi memang memiliki warna yang cantik dan bentuk yang menarik sehingga tak heran banyak yang jatuh cinta pada jenis hewan tersebut. Tak sedikit pula yang berpikir untuk membudidayakan atau memelihara ikan koi dengan jumlah yang banyak. Bahkan di beberapa mall di pusat kota saat ini senang membuat kolam tertutup yang diisi dengan berbagai macam ikan koi. Lihat saja di beberapa mall yang besar di ibukota. Beberapa menyuguhkan kolam ikan koi sebagai daya tarik tersendiri di dalam mall tersebut.

Banyaknya dan tingginya minat pada ikan koi membuat munculnya para pemula yang tertarik mencoba memelihara ikan tersebut. Sehingga akhirnya banyak juga yang mencari tahu bagaimana langkah tepat cara budidaya ikan koi bagi pemula. Tentu jika baru saja memulai budidaya tersebut bukan hal yang mudah. Karena itu butuh banyak informasi dan kesiapan mental, lahan, dana, dan banyak faktor untuk memulainya. Jika penasaran, berikut ini beberapa tips cara budidaya ikan koi bagi pemula yang ingin mencoba membudidayakan ikan koi.

  • Pilih media dan sarana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apakah berencana membuat kolam ikan koi yang besar atau yang kecil saja. Sebaiknya jika baru awal biasakan diri terlebih dahulu dan mulailah dengan kolam yang kecil. Jika berhasil baru lanjutkan dengan kolam berikutnya dengan jumlah ikan koi yang lebih banyak.
  • Cari infomasi selengkap mungkin tentang cara pembiakan ikan koi yang tepat. Saat ini ada banyak informasi yang tersedia di dunia maya termasuk pada beberapa buku bacaan yang sarat informasi tentang cara budidaya ikan koi.
  • Sebaiknya pilih bibit ikan koi yang baik dan sehat. Jangan sampai tertipu mendapat bibit yang kurang baik. Karena bibit yang buruk tidak dapat berkembang maksimal dan mudah mati. Oleh karena itu ada baiknya mempercayakan pembelian bibit di tempat jual bibit ikan koi yang berkualitas. Misalnya di Agro Koi Kediri. Selain memiliki bibit yang baik, CV yang berlokasi di Kediri ini sanggup memberi informasi yang tepat tentang cara budidaya ikan koi bagi pemula. Selain itu Agro Koi Kediri mampu mengirim bibit hingga ke seluruh Indonesia. Coba saja hubungi di nomor telepon 082124368538.
  • Rencanakan pola pemberian makan dan pembersihan kolam yang tepat. Supaya ikan koi yang dipelihara tumbuh dengan baik dan selalu sehat sehingga dapat menimbulkan benih yang baik pula.
  • Ketahui pula informasi yang tepat tentang pengaturan air kolam termasuk suhu dan pH supaya kondisi ikan koi tetap terjaga sehat secara optimal.

 

  1. Budidaya Ikan Koi di Kolam

budidaya ikan koi di kolam
Sumber: Instagram @941kz

Budidaya ikan koi di dalam kolam juga terlihat sangat menarik. Karena itu tak jarang banyak sekali rumah minimalis masa kini yang menambahkan kolam ikan koi di depan maupun bagian belakang rumah. Selain membuat halaman terasa lebih segar juga membuat terlihat lebih antik. Apalagi jika memiliki halaman yang cukup luas dan taman yang rindang, tentu kolam ikan koi menjadi dayatarik tersendiri yang memikat.

Apabila ingin budidaya ikan koi di kolam rumah tentunya hal ini masih memungkinkan. Namun demikian sebaiknya ketahui beberapa tips penting supaya pada akhirnya nanti tidak mengecewakan. Berikut ini beberapa tips yang dapat disimak jika berencana untuk memulai budidaya ikan koi di kolam belakang rumah tempat tinggal:

  • Pilih lokasi yang tepat, misalnya memilih apakah di depan rumah atau di halaman belakang. Jika memiliki halaman yang luas sebaiknya pilih untuk membudidayakan di halaman belakang. Umumnya halaman belakang lebih luas sehingga dapat membuat beragam kolam ikan koi mulai dari yang cantik, minimalis, bertingkat maupun luas sekalipun.
  • Pilih jenis kolam koi yang akan dipilih. Apakah memakai kolam terpal atau hendak menggunakan kolam beton. Karena material yang dipilih tentu akan memberikan hasil serta kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.
  • Jangan lupa untuk mengatur suhu dan kelembaban kolam dengan tepat. Jika memang berusaha untuk membudidayakan ikan koi di kolam maka lokasi kolam harus diupayakan berada di jangkauan sinar matahari dan mudah dibersihkan. Sehingga air selalu bersih dan ikan koi tidak mudah terserang penyakit.
  • Jangan lupa memperhatikan kebersihan kolam dari dedaunan atau kotoran yang berasal dari luar. Karena itu selalu jadwalkan waktu untuk pembersihan paling tidak sekali dalam seminggu termasuk mengganti air dalam kolam dan membuang sampah yang jatuh ke dalam kolam.
  • Disarankan untuk membuat kolam dengan kedalaman yang cukup dan usahakan jangan terlalu dangkal karena jika kolam terlalu dangkal lebih banyak resiko yang terjadi,misalnya diganggu oleh hewan lain maupun resiko terkena sinar matahari yang terlalu terik.

Itulah sepintas tentang cara mudah budidaya ikan koi terutama bagi pemula yang berniat untuk mulai memelihara ikan koi. Sebaiknya pilih bibit ikan koi yang berkualitas. Sehingga hasilnya nanti juga akan sesuai yang diharapkan. Ikan koi yang sehat tentu tidak mudah sakit dan juga memiliki warna yang menarik di sisiknya. Oleh sebab itu percayakan saja pembelian bibit pada Agro Koi Kediri. Kami menjual ikan koi berkualitas yang sudah pasti akan menghasilkan ikan koi unggul untuk dipelihara. Segera hubungi di nomor telepon 082124368538 untuk mendapat keterangan termasuk mendapat penawaran harga terbaik. Tidak perlu khawatir akan lokasinya yang berada di Kediri. Dengan kemudahan sistem trasnportasi dan pengiriman barang maka ikan koi dari tempat tersebut bisa saja dikirimkan ke seluruh Indonesia. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Jual Ikan Koi dan Daftar Harga Ikan Koi

Leave a Comment