Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Call/WhatsApp 082124368538 untuk info Bagaimana Cara Membuat Filter Kolam Ikan Koi

filter kolam koi
filter kolam koi

Dalam budidaya ikan koi, tentu sangat penting memperhatikan perawatan kolam koi yang baik dan benar. Di antaranya yang berpengaruh pada kolam adalah adanya filter kolam koi. Fungsi filter ini tentu berguna optimal dalam menjaga aliran air bersih ke dalam kolam sehingga kolam koi tidak mudah kotor dan keruh. Tentunya cara membuat filter kolam ikan koi sebenarnya tidak sulit. Hanya saja umumnya bagi para pemula tidak paham bagaimana cara memasang filter dan membuat filter yang benar untuk ditempatkan sebagai filter kolam ikan koi.

Oleh karena itu, jika masih pemula dalam hal ini dan tidak tahu menahu, sebaiknya jangan ambil pusing. Segera hubungi nomor telepon 082124368538 dengan Agro Koi Kediri yang akan membantu bagaimana cara membuat filter kolam ikan koi termasuk pemasangan filter koi sesuai dengan jenis kolam dan ukuran kolam yang dimiliki. Jangan khawatir akan kualitas hasil kerjaan pemasangan dan pembuatan filter kolam koi di Agro Koi Kediri, karena hasilnya pasti dijamin bagus dan harganya juga masih cukup bersahabat.

Jika memang ingin mencoba cara membuat filter kolam ikan koi sendiri, memang ada beberapa hal yang harus disiapkan. Memang bukan hal yang sederhana, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih jelasnya, simak saja sedikit penjelasan tentang cara membuat filter kolam ikan koi yang tepat dan bermanfaat berikut ini. Jika diikuti perlahan dengan benar dan tepat, maka ternyata membuat filter kolam koi bukan lagi sesuatu hal yang terasa sulit.

Pencarian populer: Ikan Koi Blitar

Filter Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam koi minimalis tentu juga tetap membutuhkan filter yang tepat. Supaya hasil ikan koi yang akan dibudidayakan berkualitas tinggi, maka gunakan juga filter air di dalam kolam ikan koi. Untuk penempatan filter kolam ikan koi minimalis bisa diletakkan pada bagian dasar kolam sehingga air akan selalu terjaga kebersihannya. Sedangkan sisa pakan dan segala kotoran yang ada di dalam kolam akan diserap oleh filter. Jika ingin tahu bagaimana caranya membuat filter kolam ikan koi minimalis, berikut ini beberapa hal yang harus diketahui lebih dulu. Untuk lebih jelasnya perhatikan poin-poin berikut ini:

  • Filter kolam koi pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu filter mekanik dan filter biologis. Keduanya dapat berfungsi dengan baik tergantung jenis kolam peruntukan filter tersebut. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut.
  • Untuk kolam kecil, sebaiknya pakai filter sederhana yaitu dengan menggunakan pompa listrik kecil yang biasanya banyak dijual di kios ikan hias. Pompa akan berguna untuk menyedot air kolam dan dialirkan pada filter. Selanjutnya air dari pompa dialirkan ke bak yang difungsikan sebagai filter. Sebaiknya filter yang digunakan memakai susunan bahan-bahan sebagai berikut diurutkan dari atas ke bawah:
  • Kapas/busa/foam filter (lapisan paling atas)
  • Batu zeolit ukuran kecil/sedang
  • Arang aktif
  • Kapas/busa/foam filter
  • Zeolit ukuran besar
  • Kapas (lapisan paling bawah)
  • Selanjutnya untuk filter biologis umumnya filter jenis ini akan menggunakan sejenis bakteri tertentu untuk menguraikan bahan kimia beracun di dalam air kolam. Filter biologis adalah filter yang menggunakan serangkaian proses bertingkat sistem filtrasi dengan bakteri. Tahap awalnya menggunakan bakteri nitrifying, dan kemudian dilanjutkan dengan mengubah nitrit menjadi senyawa nitrat menggunakan bakteri Nitrobacter.

Baca juga: Daftar Harga Ikan Koi

Susunan Filter Kolam Koi

Jika sudah paham garis besar dari desain filter kolam ikan koi di atas, maka lebih baik lagi jika memahami susunan filter kolam koi yang tepat dan benar. Dengan memahami susunan filter kolam koi tersebut, maka akan mudah untuk membuat filter kolam koi sederhana secara sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya membeli di toko. Dengan filter koi maka air kolam yang keruh karena beberapa hal seperti sisa makanan, lumut, kotoran ikan, alga dan juga dedaunan yang masuk ke dalam kolam, akan dapat menjadi lebih bersih dan terjaga kualitas airnya.

Oleh sebab itu sangat penting untuk menempatkan susunan filter kolam koi dengan tepat. Jika salah urutan tentu filter tidak akan dapat bekerja secara maksimal. Oleh karena itu berikut ini beberapa susunan yang benar dalam memasang filter di kolam ikan koi.

  • Komponen pertama terdiri dari pasir, kerikil dan juga ijuk yang berguna untuk menyaring sampah serta lumpur yang mengotori area kolam.
  • Komponen kedua adalah karbon zeolit yang berguna untuk menyingkirkan bau, racun dan juga membunuh kuman penyakit.
  • Komponen ketiga merupakan pestisida yang tidak akan membunuh bakteri pengurai namun memiliki kegunaan untuk membersihkan air kolam.
  • Komponen keempat adalah tanaman atau bebatuan yang akan mengikat kotoran di dalam kolam ikan koi.

Namun demikian, walaupun menggunakan filter belum tentu menjadi jaminan bahwa air kolam akan selalu bersih dan tidak keruh. Karena itu meskipun susunan filter kolam koi ini sangat baik digunakan pada kolam ikan koi, akan tetapi air juga harus diganti setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan lebih lanjut agar berbagai racun dari kotoran dan sisa makanan yang mengandung nitrit bisa terbuang. Di samping itu juga, sebaiknya lakukan pembersihan filter dan juga termasuk bak filter kolam koi dengan jalan menyemprot air bersih ke arah filter. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 5 sampai dengan 10 menit. Dengan demikian maka filter akan terjaga lebih lama kebersihannya serta air kolam juda gapat bertahan bersih dalam waktu yang lebih lama juga. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kualitas budidaya dan kesehatan ikan koi yang dipelihara di dalam kolam.

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis dan Jasa Pembuatan Kolam Ikan Koi Minimalis

Filter Kolam Ikan Koi yang Baik

Memang ada beberapa rupa jenis filter kolam koi yang tersedia termasuk bagaimana cara membuatnya. Menentukan jenis filter kolam ikan koi yang baik untuk kolam koi yang dimiliki memang bukan perkara mudah jika tidak berpengalaman. Oleh sebab itu ada baiknya lakukan konsultasi pada Agro Koi Kediri yang akan membantu jasa pembuatan kolam koi dan termasuk juga pemasangan filternya. Selain itu dapat pula membantu suplai benih ikan koi berkualitas prima seperti yang menjadi harapan banyak orang yang ingin membudidayakan ikan koi.

Apabila ingin tahu lebih lanjut bagaimana filter kolam ikan koi yang baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips melihat apakah filter yang dipasang sudah cukup baik atau belum:

  • Kualitas air kolam yang tidak mudah keruh menandakan filter bekerja secara maksimal. Jika memasang filter tapi dalam seminggu air mulai keruh, maka bisa jadi filter tidak berfungsi maksimal.
  • Ikan yang tumbuh sehat tidak mudah sakit berarti filter berguna secara maksimal. Karena jika filter gagal berfungsi maka ikan koi akan lebih mudah untuk jatuh sakit dan sulit untuk berkembang biak atau tumbuh besar.

Info menarik: Jual Ikan Koi Blitar Murah

Harga Filter Kolam Koi

Filter kolam ikan memang banyak macamnya dan banyak variasinya. Karena itu tak heran jika harga filter kolam koi juga bermacam-macam. Tergantung dari alat dan bahan yang digunakan untuk membuat filter. Dengan pemakaian bahan yang lebih berkualitas tentu hasilnya juga akan lebih baik dan kolam koi menjadi lebih bersih serta terlihat fresh. Hal ini tentu juga menentukan kualitas kesehatan ikan koi yang dibudidayakan di dalamnya.

Biasanya ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam menentukan harga filter kolam koi. Jika ingin tahu lebih detail, berikut ini beberapa komponen yang mempengaruhi harga filter kolam ikan koi:

  • Ukuran filter tentunya akan menentukan harga dari filter kolam koi yang akan dibuat. Jika makin besar kolam juga makin besar kebutuhan filternya. Otomatis maka harga filter akan lebih mahal dibandingkan filter kolam koi minimalis yang kecil.
  • Material yang dipakai untuk membuat filter juga berpengaruh. Apakah filter mekanik ataukah filter biologis. Hal ini juga mempengaruhi pompa yang akan digunakan untuk filter, sehingga harganya juga akan terpengaruh oleh hal tersebut.
  • Jumlah susunan filter juga akan mempengaruhi harga filter kolam koi. Makin banyak susunan hasilnya air akan makin bersih, namun bahan yang digunakan juga makin banyak, otomatis harga filternya juga akan makin mahal.

Itulah beberapa penjelasan cara membuat filter kolam koi yang tepat dan benar. Dengan mengetahui apa saja bahan filter, bagaimana menyusun filter serta mengetahui cara pembuatan filter yang baik, maka filter tentu akan bertahan lama dan dapat bermanfaat maksimal. Selain itu tak lupa juga untuk menyiapkan dana yang sesuai dengan kebutuhan jenis maupun ukuran filter yang akan dibuat. Jika dipersiapkan dengan benar, tentu hasilnya akan lebih maksimal.

Apabila telah mencoba semua langkah di atas, dan masih mengalami kesulitan dalam membuat filter yang baik bagi kolam koi minimalis yang dimiliki, hubungi saja Agro Koi Kediri yang akan siap membantu memberikan pelayanan jasa pembuatan filter terutama untuk kolam ikan koi. Dengan bantuan pemasangan filter yang tepat dan sesuai, maka tidak perlu pusing memikirkan bahan pembuatan filter ataupun waktu untuk menyiapkannya. Cukup diskusikan harga sesuai estimasi dana dan Agro Koi Kediri akan siap memberikan jenis filter sesuai dana dan kebutuhan yang dimiliki. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Jual Ikan Koi Blitar dan Jual Ikan Koi Jakarta