fbpx

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Call/WhatsApp 082124368538 untuk info Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Memelihara ikan koi berarti harus menyediakan kolam untuk habitat ikan koi yang tepat. Tentu saat ini banyak yang lebih memilih cara membuat kolam ikan koi minimalis daripada harus membuat kolam yang besar dan menyusahkan. Apalagi memelihara ikan koi tidak selalu harus membutuhkan area yang besar. Dengan area minimalis, maka desain kolam koi minimalis akan sangat cocok untuk dibuat. Jika masih bingung, hubungi saja Agro Koi Kediri di nomor telepon 082124368538, pasti akan siap membantu menyediakan contoh kolam ikan koi minimalis yang diperlukan. Selain itu juga menyediakan bibit ikan koi unggulan dan cara budidaya ikan koi yang tepat. Jika tertarik membuat sendiri kolam koi minimalis yang simpel dan mudah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai hal tersebut.

Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Cara membuat kolam ikan sederhana dan minimalis sebenarnya bukan suatu hal yang susah. Karena itu pastikan lebih dahulu untuk mengetahui apa saja bahan yang diperlukan dan material apa yang dipilih. Salah satu cara yang sederhana yaitu dengan membuat aquarium. Tentu ini selain mudah juga murah dan lebih efisien. Untuk lebih lengkapnya tentang membuat kolam ikan sederhana, siapkan beberapa bahan berikut ini:

  • Lem tembak
  • Pisau cutter
  • Lem kaca dengan memakai lem silicon
  • Pemotong kaca serta cairan khusus
  • Penggaris
  • Lakban
  • Obeng
  • Gerinda
  • Spidol
  • Kabel Skimer
  • Kontainer besar untuk dudukan dan penahan saat pembuatan aquarium

Terlebih dahulu lakukan beberapa langkah persiapan untuk cara membuat kolam ikan koi minimalis dengan aquarium. Berikut ini beberapa langkah persiapan yang dapat dilakukan:

  • Pertama, tentukan ukuran aquarium yang ingin anda buat dan ini menjadi sangat penting sehingga bisa mengetahui ukuran kaca yang ingin dibeli untuk budidaya ikan koi.
  • Apabila desain aquarium ikan koi ditujukan sebagai dekorasi, maka sesuaikan dengan ukuran ruangan yang anda miliki.
  • Aquarium kolam ikan koi ini bisa digunakan untuk dekorasi meja, rak atau ruangan lainnya.
  • Pastikan juga pembuat kaca menghaluskan sisa potongan kaca supaya tangan anda tidak terlukan saat membuat aquarium tersebut.

Jika telah melakukan beberapa persiapan di atas, maka selanjutnya dapat memulai merangkai aquarium sesuai kebutuhan. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkah membuat kolam ikan koi dengan bahan dasar aquarium:

  • Pakai dudukan kontainer untuk merangkai aquarium kemudian rangkai kaca dengan memakai lem silikon agar bisa saling menempel.
  • Anda bisa memakai lakban untuk membantu melekatkan lem di awal pemasangan sebab lem belum terlalu kuat terpasang.
  • Tambahkan lem kembali untuk memastikan tidak ada lubang yang akan membuat kebocoran pada aquarium.
  • Apabila dibutuhkan, pakai kerangka besi pada bagian sudut aquarium agar lebih kuat.
  • Setelah jadi, tambahkan dengan filter untuk membersihkan air dan juga menjaga sirkulasi udara serta air.
  • Tambahkan juga dengan akesoris aquarium sehingga tampilan aquarium bisa terlihat lebih indah.

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Agar Tidak Bocor

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Memelihara ikan koi di kolam memang menyenangkan. Tetapi memastikan agar kolam koi tidak mudah bocor memang bukan hal yang sederhana. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya bagaimana cara membuat kolam ikan koi agar tidak bocor. Sehingga kolam koi minimalis yang dibangun akan awet dan tahan lama. Apabila merasa penasaran, berikut ini beberapa tips mencegah kebocoran pada kolam ikan koi minimalis, terutama yang menggunakan aquarium mini.

  • Kuras dan bersihkan aquarium kemudian sebaiknya keringkan dahulu hingga beberapa saat.
  • Kemudian isi aquarium dengan air sedikit demi sedikit (misalnya ditambahkan setiap satu jam). Saat melakukan hal tersebut lakukan sambil mengamati, apabila mulai terlihat ada rembesan air, disitulah kemungkinan merupakan letak kebocoran paling bawah.
  • Selanjutnya segera bersihkan bagian yang bocor tersebut dan segera oles dengan cat waterproof atau lem silikon.
  • Setelah melakukan penambalan, selanjutnya tambahkan isinya dan lakukan kembali apa yang sudah kita lakukan sehingga semua tempat yang bocor dapat diketahui. Sehingga akan cukup mudah untuk menambal berulang hingga tak terjadi kebocoran lagi.
  • Penambalan akan lebih baik dilakukan dari bagian dalam aquarium. Oleh sebab itu disarankan supaya setiap kali aquarium harus dikosongkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolesi cat waterproof atau lem silicon.
  • Terakhir selalu berikan waktu dan tunggu hingga lem kering baru diisi air kembali untuk melakukan pengecekan ulang.
  • Lakukan demikian hingga sudah tidak terjadi kebocoran sama sekali pada aquarium ikan koi.

Baca juga: Ikan Koi Blitar Murah dan Budidaya Koi Blitar

Biaya Pembuatan Kolam Ikan Koi Minimalis

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Membuat kolam ikan koi minimalis memang bukan hal yang mudah dan butuh persiapan yang matang. Selain dari segi material juga butuh perkiraan estimasi biaya yang harus dikeluarkan dalam membuat kolam koi minimalis ini. Jika ingin tahu lebih jelas bisa hubungi Agro Koi Kediri yang menerima jasa pembuatan kolam ikan koi minimalis. Jangan khawatir harganya mahal, karena dapat didiskusikan lebih dahulu dan sudah jelas akan memberikan harga sesuai dengan material yang digunakan.

Jika masih penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa perkiraan biaya pembuatan kolam ikan koi minimalis. Biaya tersebut sesuai dengan bahan yang dipakai. Berikut ini info lebih lengkap tentang biayanya:

  • Contoh kolam ikan koi minimalis yang terbuat dari aquarium adalah kolam yang cukup murah untuk dibuat. Biayanya hanya memakan angka ratusan ribu. Lain halnya jika membeli aquarium jadi yang bisa berkisar hingga jutaan. Karena itu untuk lebih hematnya lebih baik jika membuat sendiri dengan bahan-bahan yang telah disebutkan dalam artikel ini. Selain dapat dibuat dengan harga lebih rendah juga dapat disesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan untuk memelihara sejumlah ikan koi yang diinginkan.
  • Contoh kolam ikan koi minimalis yang terbuat dari batu alam tentu akan lebih mahal. Biayanya bisa mencapai jutaan karena bahan dasar batu alam bukan bahan dasar yang murah dan mudah didapat. Apalagi biaya yang dikeluarkan tentu akan disesuaikan dengan ukuran kolam koi minimalis yang akan dibuat atau dikerjakan. Sehingga biaya yang dikeluarkan juga bisa jadi lebih variatif. Belum lagi tergantung desain dan model yang diinginkan. Apakah biasa saja atau lebih berarsitektur.
  • Contoh kolam ikan koi minimalis yang terbuat dari beton umumnya tidak semahal batu alam. Namun tetap lebih mahal dari bahan kaca. Karena harga pasir dan semen tentu memakan biaya yang lumayan mahal dari ratusan ribu hingga jutaan. Tergantung besarnya kolam yang berencana untuk dibuat. Sebaiknya juga kolam beton dibuat sedikit berlapis agar tidak mudah retak dan bocor pada masa pemeliharaan ikan koi nanti. Karena itu banyaknya material semen dan pasir akan mempengaruhhi biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan kolam tersebut nantinya.

Kedalaman Kolam Ikan Koi Minimalis

Menentukan ukuran kolam ikan koi memang bukan hal yang mudah. Sebaiknya perkirakan dahulu berapa banyak ikan koi yang hendak dipelihara dan dibudidayakan. Supaya dimensi kolam yang dibuat sesai kebutuhan. Umumnya kolam yang tepat yaitu kolam yang dimensinya cukup leluasa untuk ikan koi berenang supaya tidak terlalu sempit dan membuat ikan koi merasa jenuh atau bingung. Karena itu butuh kedalaman kolam yang memadai. Hal ini dimaksudkan untuk beberapa tujuan, yaitu sebagai berikut:

  • Kedalaman kolam ikan koi minimalis yang tepat akan menentukan suhu di dalam kolam supaya lebih stabil. Jika terlalu dangkal maka sinar matahari yang masuk ke kolam akan membuat kolam berubah suhunya menjadi lebih panas daripada seharusnya. Jika cukup dalam maka bagian dasar kolam akan tetap stabil suhunya sehingga ikan koi akan tumbuh lebih optimal.
  • Kedalaman yang memadai juga membantu menghindari ancaman yang dapat terjadi pada ikan koi. Misalnya ancaman dari hewan lain seperti anjing atau kucing. Jika kolam cukup dalam maka ikan koi dapat berlindung dengan berenang ke arah dasar kolam dan tidak akan terganggu oleh hewan yang lain.
  • Kedalaman kolam ikan koi minimalis yang paling baik yaitu kurang lebih sekitar 80cm. Karena kedalaman ini mencukupi agar tidak terganggu oleh hal yang disebutkan di atas. Jika terlalu dalam juga kurang baik karena bisa jadi susah untuk membersihkan kolam secara teratur dan memudahkan timbul lumut ataupun kadar air kolam yang lebih mudah keruh karena jarang dibersihkan.

Ukuran Kolam Ikan Koi Minimalis

Ada banyak contoh kolam ikan koi minimalis yang dapat dijadikan referensi jika ingin membuat kolam koi untuk budidaya atau memelihara ikan koi jenis apapun. Ukuran kolam ikan koi minimalis yang dipilih sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Cara membuat kolam koi minimalis ini memang membutuhkan ukuran yang tepat lebih dahulu sebelumnya. Karena tanpa ukuran yang dibutuhkan akan susah untuk memulai membuat kolam. Ada beberapa referensi ukuran yang dapat dicontoh, hal ini tergolong jenis bahan dan material yang digunakan untuk membuat kolam ikan koi minimalis. Berikut ini beberapa ukurannya:

  • Memilih kolam koi minimalis yang terbuat dari aquarium umumnya dapat memakai ukuran kurang lebih tinggi 50 cm dan lebar sekitar 1 meter serta panjang 1.5 meter. Ini adalah ukuran yang biasa dipakai jika ingin memelihara ikan koi dengan memakai aquarium mini.
  • Apabila berencana untuk membuat kolam koi minimalis yang terbuat dari batu alam dapat disesuaikan dengan lokasi yang dipilih. Misalnya sekitar kedalaman 80cm, lebar 1 meter dan panjang 1.5 meter. Ukuran kolam ikan koi minimalis ini cukup memungkinkan untuk menambahkan kolam koi minimalis tersebut di tengah taman rumah, baik taman depan rumah ataupun di taman belakang rumah.
  • Bila membuat kolam dengan bahan dasar semen bisa juga memakai referensi kolam batu alam. Pada intinya sesuaikan kolam dengan ketersediaan lahan. Sehingga kolam tidak terlalu menyita tempat namun cukup nyaman untuk dijadikan tempat budidaya ikan koi.
  • Membangun kolam koi dengan terpal tentu akan lebih membutuhkan ukuran besar. Karena itu kolam terpal lebih cocok dibikin di area kebun yang luas dan tempat tersendiri. Sehingga cukup besar areanya dan tidak mengganggu. Secara umum, kolam ikan terpal dibangun dengan ukuran 4 x 5 x 1 meter, artinya panjang sebesar 4 meter, panjang 5 meter dan kedalaman 1 meter. Untuk ukuran kolam ikan ini maka anda butuh terpal berukuran 6 x 7 meter dan jenisnya merupakan terpal yang halus.

Demikian beberapa cara membuat kolam ikan koi minimalis, termasuk perkiraan biaya, kedalaman kolam yang sesuai serta ukuran yang dibutuhkan. Jika masih juga merasa bingung saat hendak membuat kolam koi minimalis sendiri, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya. Jangan ragu untuk menghubungi Agro Koi Kediri di nomor telepon 082124368538. Pastinya akan diarahkan untk membuat kolam koi minimalis sesuai harapan. Ditambah lagi semua pekerjaan akan dikerjakan secara rapi dan profesional. Berikut juga bantuan untuk suplai benih ikan koi pilihan termasuk saran akan cara budidaya ikan koi yang paling tepat. Dengan demikian memelihara ikan koi bukan perkara yang susah lagi. Dari awal hingga akhir rencana budidaya akan lebih mudah jika memakai bantuan dari Agro Koi Kediri.

Baca juga: Harga Ikan Koi dan Jual Ikan Koi