Jenis Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Paling Efektif

Budidaya ikan koi tentunya membutuhkan perhatian untuk beberapa hal. Salah satunya yaitu memperhatikan jenis pakan koi yang diberikan untuk membantu supaya ikan koi dapat tumbuh besar dan maksimal. Tentunya hal ini adalah salah satu hal penting. Oleh sebab itu sebagai peternak ikan koi ada baiknya memahami apa saja makanan ikan koi terbaik yang dapat diberikan selama membudidayakan berbagai jenis ikan koi. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak berikut ini beberapa informasi yang sesuai tentang pakan ikan koi berkualitas yang cocok diberikan untuk memperoleh pertumbuhan yang maksimal.

 

Jenis Makanan Ikan Koi

Jenis Makanan Ikan Koi

Seringkali sebagai pemula agak sulit untuk mengetahui apa saja jenis makanan ikan koi terbaik yang bisa diberikan untuk menunjang pertumbuhan ikan koi. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui pakai ikan koi agar cepat besar yang paling tepat. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis makanan ikan koi yang dapat diberikan.

  • Pakan Alami

Salah satu jenis pakan koi yaitu pakan alami yang umumnya berupa cacing atau udang. Pakan tersebut cukup mudah untuk didapatkan secara langsung. Oleh sebab itu tidak susah mencarinya. Selain itu pakan koi agar cepat besar yang alami berikutnya yaitu cacing atau ulat. Pakan yang satu ini mengandung protein tinggi supaya ikan koi dapat tumbuh lebih maksimal.

Makanan ikan koi terbaik yang alami berikutnya yaitu buah serta sayuran. Untuk itu dapat diberikan jeruk atau semangka untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan koi.

  • Pakan Buatan

Selain pakan alami ada juga pakan buatan yang umumnya dapat dibeli di berbagai toko. Biasanya merek pakan koi terbaik buatan ini diproses oleh pabrik dan cukup praktis diberikan kepada ikan koi. Namun demikian memang pakan buatan tidak sebaik pakan alami yang jauh lebih segar dan kaya kandungan gizi. Tak heran jika lebih banyak yang memilih memberikan pakan buatan untuk ikan koi yang dipelihara.

 

Membuat Pakan Alami Supaya Koi Cepat Besar

Selain menggunakan pakan koi yang dibeli secara umum, sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat pakan koi agar cepat besar. Dengan menggunakan bahan alami tentunya lebih murah biayanya dan tentu kandungannya lebih terjaga. Apabila tertarik untuk membuat makanan ikan koi kecil yang alami, berikut ini beberapa cara membuat pakan alami ikan koi tersebut.

  • Campur bahan berupa udang, telur, bawang putih, vitamin C dan agar-agar.
  • Selanjutnya haluskan semua bahan dan tambahkan sedikit air ke dalamnya.
  • Kemudian larutkan campuran ke dalam air panas dan kemudian tambahkan agar-agar untuk membantu memperkuat aroma yang tajam dan menarik.
  • Dinginkan larutan yang telah dibuat tersebut.
  • Setelah campuran bahan tersebut dingin, maka dapat dipotong kecil-kecil sesuai kebutuhan. Selain itu potongan kecil membantu mempermudah untuk memberikan pakan kepada ikan koi.

 

Kandungan Penting Dalam Pakan Koi

Kandungan Penting Dalam Pakan Koi

Umumnya merk pakan koi terbaik mengandung beberapa unsur penting bagi pertumbuhan ikan koi untuk lebih maksimal. Tentu hal ini terkadang tidak diperhatikan oleh para peternak ikan koi. Namun sebaiknya ketahui unsur tersebut supaya tidak salah dalam memberikan pakan ikan koi agar cepat besar. Secara spesifik berikut ini kandungan penting dalam pakan koi yang sebaiknya diberikan pada ikan koi yang dipelihara.

  • Protein

Sebaiknya berikan makanan ikan koi yang kaya akan kandungan protein. Karena kandungan protein membantu pertumbuhan ikan koi secara maksimal. Sehingga pertumbuhan ikan koi lebih baik dan cepat besar. Yang paling baik yaitu pakan koi terbaik yang mengandung 13 asam amino esensial.

  • Lemak

Sebaiknya pakan koi untuk pertumbuhan juga mengandung sejumlah lemak yang diperlukan. Sehingga dapat membantu ikan koi untuk mempermudah mencerna makanan dan memaksimalkan pertumbuhan ikan koi. Sebaiknya perhatikan supaya pakan koi yang diberikan masih segar dan tidak basi.

  • Karbohidrat

Salah satu sumber energi yang penting untuk ikan koi yaitu kandungan karbohidrat dalam pakan koi. Hal ini membantu supaya metabolisme ikan koi lebih optimal. Tetapi pastikan supaya pemberian karbohidrat ini tidak berlebihan. Sehingga ikan koi tumbuh optimal dan sehat.

  • Vitamin

Jangan lupa untuk memilih pakan yang kaya akan kandungan vitamin C. Hal ini membantu supaya ikan koi tumbuh lebih optimal dan cepat besar.

  • Mineral

Kandungan yang tidak kalah penting yaitu mineral yang akan membantu memaksimalkan pertumbuhan ikan koi.

Baca juga: Ciri Fisik dan Jenis Ikan Koi Asli Jepang dan Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka

 

Cara Memberi Makan Ikan Koi

Cara Memberi Makan Ikan Koi

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu cara memberi makan ikan koi menggunakan merk pakan koi terbaik. Karena cara memberi makan juga merupakan salah satu langkah dan upaya untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan koi. Oleh sebab itu perhatikan beberapa info berikut ini:

  • Jumlah pakan yang baik untuk ikan koi besar yaitu 2 persen dan ikan koi kecil yaitu 5 persen.
  • Usahakan supaya jumlah pakan yang diberikan tidak terlalu banyak dan mencukupi. Pastikan pakan yang diberikan segera dikonsumsi oleh ikan koi dalam waktu kurang dari lima menit.
  • Sebaiknya berikan pakan ikan koi yang kaya kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Usahakan memberi pakan yang tepat untuk menghindari ikan koi terlalu banyak buang kotoran dan menimbulkan air yang mudah keruh.
  • Sebaiknya berikan juga pakan yang mengandung serat secara rutin pada ikan koi.

 

Jadwal Makan Ikan Koi

Jadwal Makan Ikan Koi

Salah satu hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu jadwal pemberikan pakai ikan koi agar cepat besar. Hal ini berpengaruh pada pertumbuhan ikan koi supaya lebih maksimal. Oleh sebab itu ketahui jadwal makan ikan koi yang sesuai berikut ini.

  • Apabila suhu air kolam berada pada kisaran 22 sampai 26 derajat celcius, maka ikan koi dapat diberikan pakan antara 3-4 kali dalam sehari.
  • Apabila suhu air kolam antara 18 sampai 22 derajat celcius maka sebaiknya berikan 1-2 kali saja tapi pastikan yang kandungan proteinnya 40%.
  • Jika suhu air kolam 16 derajat maka sebaiknya berikan pakan dengan kandungan 30% protein cukup sekali saja.
  • Demikian halnya jika suhu mencapai 15 derajat, maka cukup diberikan pakan sekali dalam sehari.
  • Apabila suhu lebih turun lagi atau kurang dari 15 derajat sebaiknya berikan pakan saat ikan koi merasa lapar saja atau cukup 3-4 kali saja dalam satu minggu.

 

Itulah beberapa informasi tentang pakan koi yang sebaiknya diketahui oleh para peternak ikan koi. Dengan memberikan pakai koi terbaik tentunya ikan koi dapat bertumbuh maksimal dan cukup sehat. Sehingga bisnis ikan koi yang dirintis juga dapat memberikan keuntungan yang optimal. Sebaiknya jika masih bingung memilih pakai koi untuk pertumbuhan yang tepat tanyakan saja pada ahlinya. Misalnya pada CV Agro Koi Farm Kediri dengan web https://www.jualkoi.id/ yang dapat dipercaya sanggup membantu bisnis ikan koi Anda secara maksimal. Dengan demikian maka usaha ternak ikan koi Anda akan berjalan lancar sesuai ekspetasi yang diinginkan.

 

Baca juga: Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Berkualitas dan Daftar Harga Ikan Koi