Cara Merawat Ikan Koi di Kolam Terbuka

Budidaya dan cara merawat ikan koi di kolam terbuka bukan merupakan hal yang mudah bagi peternak pemula. Oleh sebab itu sebaiknya selalu kumpulkan informasi yang mencukupi jika ingin melakukan hal tersebut. Terutama jika memang berniat untuk memulai bisnis ternak ikan koi yang optimal. Sangat penting untuk memahami baik cara memelihara ikan koi di kolam rumah maupun cara membuat kolam koi yang benar. Jika memang benar-benar bingung untuk memulainya, maka bisa mencari informasi dan saran pada suplier ikan koi super CV Agro Koi Farm Kediri dengan web https://www.jualkoi.id/.  Namun secara umum simak berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara merawat ikan koi di kolam terbuka yang paling baik dan maksimal.

 

v

Perhatikan Warna dan Pola Koi

Jika memelihara ikan koi di kolam kecil maka sebaiknya terlebih dahulu ketahui beberapa hal yang penting. Misalnya yaitu memperhatikan warna dan pola koi yang dipilih untuk dipelihara. Hal ini cukup penting untuk menentukan apa saja langkah yang dapat diambil supaya ikan koi merasa nyaman dan berkembang dengan baik di kolam koi kecil yang tersedia. Umumnya pola warna yang baik yaitu cukup seimbang di bagian mulut, ekor maupun badannya. Selain itu pesebaran pola warna juga merata dan baik. Artinya ikan koi berasal dari bibit pilihan yang baik pula.

 

 

Perhatikan Bentuk Badan Ikan Koi

Perhatikan Bentuk Badan Ikan Koi

Selanjutnya sebaiknya perhatikan juga bentuk badan ikan koi yang akan dipelihara. Hal ini akan membantu memaksimalkan budidaya ikan koi yang diinginkan supaya dapat memberikan hasil yang terbaik. Kareana biasanya bentuk badan akan mempengaruhi kesehatan dan keseimbangan ikan koi. Umumnya ikan koi yang sehat memiliki tubuh seimbang sehingga saat berenang terlihat stabil dan tidak mudah oleng kemana-mana.

Adapun bentuk tubuh ikan koi yang baik umumnya memiliki anggota badan yang cukup lengkap. Sehingga tidak ada kekurangan pada tubuhnya termasuk sirip, hidung dan sebagainya. Membedakan ikan koi betina dan jantan juga tidak sama. Karena jika ikan koi betina yang perutnya lebih besar bisa jadi sedang mengandung, bukan berarti jenis ikan koi yang kurang baik. Oleh sebab itu sangat penting memperhatikan ciri-ciri tersebut sepenuhnya.

Sebaiknya hindari cacat pada ikan koi seperti misalnya sirip yang tidak sempurna atau ada bagian sisik yang mengelupas. Kemudian misalnya memiliki mata yang cacat, termasuk pada ikan koi jantan memiliki perut yang membesar  di salah satu sisi. Umumnya ikan koi jenis tersebut nantinya akan tidak sempurna dalam perkembangannya dan dapat dihargai murah saat dijual. Oleh sebab itu sangat penting untuk berhati-hati memilih ikan koi super yang baik.

 

 

Pilih Sirip Ikan Koi Sempurna

Pilih Sirip Ikan Koi Sempurna

Yang tidak kalah penting termasuk memperhatikan sirip ikan koi dan memilih yang cukup sempurna. Jangan sampai memilih yang cacat. Terutama sirip di bagian dada apabila cacat bisa jadi akibat adanya suatu penyakit ataupun cacat bawaan yang tidak baik. Sehingga memang ini harus dihindari. Selain itu ukuran sirip yang kecil juga bisa jadi menandakan pakan yang kurang maksimal selama dipelihara. Oleh sebab itu sebaiknya pilih suplier yang baik seperti misalnya CV Agro Koi Farm Kediri.

Baca juga: Cara Jitu Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Cara Budidaya Ikan Koi di Aquarium dan Cara Membuat Aquarium Ikan Koi

 

 

Perhatikan Kadar Oksigen

Apabila menyiapkan ukuran kolam ikan koi yang dibutuhkan, maka sebaiknya perhatikan juga kadar oksigen yang ada di dalam kolam. Hal ini juga penting untuk mendukung perkembangan ikan koi secara lebih maksimal. Sehingga ikan koi tidak mudah mati dan dapat tumbuh dengan sehat. Salah satunya yaitu dengan cara membuat ukuran kolam ikan koi minimalis tetapi cukup luas untuk mendapatkan kadar oksigen yang cukup bagi semua ikan yang dibudidayakan di dalamnya. Jika tidak maka persediaan oksigen untuk ikan koi bisa jadi tidak maksimal dan berbahaya bagi kesehatan ikan koi yang dibudidayakan.

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan parameter bahwa kadar oksigen dalam kolam mencukupi atau tidak. Umumnya jika kadar oksigen kurang, maka ikan koi tidak berselera makan dan besar kemungkinan tidak tumbuh sehat dan mudah mati. Selain itu ciri-ciri berikutnya yaitu ikan koi yang berkumpul di bawah pancuran air mancur untuk mencati sejumlah oksigen. Ciri lain adalah banyaknya ikan koi yang lebih memilih berenang di permukaan daripada berada di dalam kolam.

 

Perhatikan Luas dan Kedalaman Kolam Koi

Perhatikan Luas dan Kedalaman Kolam

Selanjutnya sebagai salah satu cara merawat ikan koi di kolam terbuka yaitu dengan memperhatikan kedalaman kolam ikan koi minimalis yang telah direncanakan. Hal ini sangat penting untuk mengukur volume kolam yang pas dan menentukan pula tipe filter ikan koi yang sesuai. Ada baiknya merencanakan kedalaman kolam minimal sekitar 80 cm supaya terhindar dari hewan pemangsa seperti tikus atau kucing yang mudah memangsa ikan koi di dalam kolam. Selain itu pastikan bahwa luasan kolam yang dibuat juga memadakai. Jangan sampai terlalu sempit sehingga pertumbuhan ikan koi tidak maksimal dan terganggu. Ada baiknya selalu memantau kondisi air dan temperaturnya juga sehingga kondisi kolam yang dibuat lebih baik dan maksimal untuk memelihara ikan koi yang dibudidayakan.

 

 

Jangan Membuat Kolam Terbuka Sepenuhnya

Cara terakhir yang tidak kalah penting yaitu menghindari membuat kolam yang terbuka sepenuhnya. Hal ini kurang baik jika dilakukan. Karena hal tersebut memicu perubahan suhu di dalam kolam yang amat cepat. Terutama saat cuaca cukup ekstrim, misalnya sinar matahari yang terlalu terik atau cuaca dingin di malam hari. Akibatnya air dalam kolam tidak stabil suhunya dan berpotensi membuat kolam juga cepat kotor karena ikan malas makan atau bahkan sering membuang kotoran. Hal ini membuat filter kolam koi terbaik yang telah disiapkan bisa jadi tidak berfungsi maksimal.

Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah kolam yang terbuka sebagian dengan cara membuat kolam di dekat pohon rindang. Walaupun dapat terpapar daun maupun ranting yang jatuh dari pohon, tetapi hal ini bisa disiasati dengan langkah memberikan filter kolam yang baik. Salah satu hal yang harus diperhitungkan dalam hal ini yaitu isi filter kolam koi yang baik dan tepat. Sehingga kondisi kolam dapat lebih bersih secara menyeluruh dan memberikan lingkungan yang sehat bagi budidaya ikan koi di dalam kolam tersebut. Dengan kondisi kolam yang bersih maka ikan koi akan tumbuh sehat dan lebih maksimal di kemudian hari.

 

Itulah sedikit informasi cara merawat ikan koi di kolam terbuka terutama bagi pemula yang baru saja memelihara ikan koi untuk tujuan bisnis. Dengan mengerti bagaimana langkah perawatan yang tepat dan sesuai, tentu pertumbuhan ikan koi akan lebih maksimal. Terutama bagaimana cara mengatur kolam koi agar lebih maksimal. Jika masih bingung sebaiknya tanyakan pada ahlinya dan dapatkan informasi yang lebih lengkap bersama CV Agro Koi Farm Kediri. Sehingga tidak salah dalam memelihara kolam ikan koi dengan baik termasuk menjaga kebersihannya. Dengan demikian maka bisnis ikan koi yang dikelola dapat berjalan baik dan maksimal.

 

 

Baca juga: Cara Jitu Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Jual Ikan Koi Lokal Harga Terjangkau