5 Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar dan Sehat

Budidaya dan ternak ikan koi bagi pemula memang bisa jadi bukan hal yang cukup mudah. Terutama jika memang belum mengetahui benar cara memelihara ikan koi supaya cepat besar yang paling tepat. Sebagian pemula peternak ikan koi umumnya akan mencari tahu informasi lebih lanjut tentang memaksimalkan pertumbuhan ikan koi maupun pembesaran ikan koi dengan baik. Apabila hal ini merupakan salah satu kesulitan yang dirasakan, sebaiknya jangan ragu meminta bantuan pada ahlinya, yaitu CV Agro Koi Farm Kediri. Tentunya CV ini akan membantu memberikan informasi yang berkaitan untuk meningkatkan dan menunjang bisnis ikan koi yang dijalankan. Namun demikian jika memang penasaran bagaimana cara membesarkan ikan koi dengan cepat, simak beberapa cara terbaik memelihara ikan koi yang diulas berikut ini.

 

Perhatikan Kualitas Air Kolam Koi

Perhatikan Kualitas Air

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai cara membesarkan ikan koi dengan cepat yaitu dengan terlebih dahulu melihat dan memperhatikan kualitas air yang digunakan. Hal ini cukup penting supaya ikan koi dapat tumbuh lebih maksimal. Jika kualitas air kurang baik, tentunya akan lebih susah untuk memaksimalkan pembesaran ikan koi.

Perlu diketahui dengan tepat bahwa umumnya ikan koi lebih dapat tumbuh optimal pada kadar air dengan PH normal yaitu antara 7 sampai 8. Sehingga selalu jaga kondisi air supaya demikian. Termasuk selalu membersihkan kolam agar kualitas air tetap bersih dan oksigen atau udara yang masuk juga lebih optimal. Sekalipun terlihat sederhana, tetapi hal ini merupakan salah satu penunjang pertumbuhan ikan koi supaya lebih maksimal.

 

Perhatikan Pakan dan Vitamin Ikan Koi

Perhatikan Pakan dan Vitamin Ikan Koi

Selanjutnya hal yang tak kalah penting harus dipahami yaitu memperhatikan pakan dan vitamin ikan koi. Sangat perlu untuk memilih makanan ikan koi agar cepat besar yang tepat. Melalui pemberian pakan koi agar cepat besar yang tepat, tentunya berat ikan koi akan lebih maksimal serta pertumbuhan fisiknya juga dapat terjadi lebih cepat. Karena itu sebaiknya hindari asal pilih pakan yang diberikan. Dengan memilih pakan ikan koi agar cepat besar yang sesuai, maka pertumbuhan ikan koi dapat jauh lebih baik ke depannya. Supaya lebih jelasnya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut untuk cara memberi makan ikan koi yang paling tepat:

  • Terlebih dahulu periksa berapa bulan ikan koi besar, karena hal ini mempengaruhi pakan ikan koi agar cepat besar yang tepat. Umumnya ikan koi yang lebih muda butuh asupan lebih banyak protein agar lebih maksimal pertumbuhannya.
  • Perhatikan jadwal pemberian makan yang sesuai. Jangan berlebihan dan jangan sampai kekurangan juga. Umumnya pemberian pakan ini dapat dilakukan dalam 2-3 kali sehari.
  • Pemberian vitamin untuk ikan koi juga cukup penting supaya dapat menjaga kesehatan ikan koi hingga tumbuh besar. Sehingga selalu optimalkan pemberian vitamin pada ikan koi.
  • Perhatikan juga musim maupun cuaca yang sedang berlangsung. Karena perubahan cuaca dan musim dapat mempengaruhi keinginan serta nafsu makan ikan koi. Jika terlalu banyak memberikan pakan yang tidak dimakan tentu akan mudah mengotori air kolam. Sehingga cukup penting mengetahui pada masa mana ikan koi lebih suka makan dan pada masa mana ikan koi memilih konsumsi makanan yang lebih sedikit.
  • Saat suhu rendah sebaiknya hindari memberikan pakan yang kaya protein untuk menghindari resiko masalah pencernaan pada ikan koi. Lakukan sebaliknya pada suhu tinggi.

 

Perhatikan Kualitas Air Kolam Koi

Perhatikan Kenyamanan Kolam Ikan Koi

Bukan hanya memperhatikan makanan ikan mas koki agar cepat besar, tetapi ternyata ada lagi hal yang tidak kalah penting. Salah satunya yaitu memperhatikan kenyamanan kolam ikan koi. Walaupun sering terabaikan, rupanya hal ini mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ikan koi. Terutama jika berkaitan dengan berapa bulan ikan koi besar dan bertumbuh dari ukuran semula. Sebab jika kolam terlalu kecil tentunya pertumbuhan ikan koi menjadi tidak nyaman. Sehingga perkembangan ikan koi juga terhambat. Sebenarnya hal inilah yang sebisa mungkin dihindari.

Untuk memastikan pembesaran ikan koi yang optimal, maka ada baiknya menyesuaikan ukuran kolam dengan usia ikan koi. Apabila ikan koi masih kecil tentu bisa diletakkan pada kolam yang lebih kecil. Sebaliknya jika ikan koi tampak mulai tumbuh besar, ada baiknya dipindahkan pada kolam yang berukuran lebih maksimal juga.

 

Pengisian Air Kolam

Kemudian hal yang butuh dipahami juga yaitu cara pengisian air kolam dengan baik. Sehingga kondisi kolam akan selalu bersih dan dapat digunakan untuk budidaya secara tepat. Langkah-langkah mengisi air kolam untuk budidaya ikan koi ini memang tidak sembarangan. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan dengan benar caranya, yaitu sebagai berikut:

  • Sebaiknya hati-hati saat mengisi air kolam. Selalu perhatikan jarak aman supaya ikan koi tidak meloncat keluar. Umumnya jarak yang tepat yaitu kurang lebih minimal 25cm.
  • Sebaiknya tambahkan saluran pembuangan yang diletakkan pada dasar kolam. Hal ini juga akan membantu supaya kondisi air kolam akan tetap bersih.
  • Ada baiknya juga untuk memasang pipa untuk aliran air bersih di atas kolam. Sehingga membantu memaksimalkan pembesaran ikan koi.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi di Aquarium dan Cara Membuat Aquarium Ikan Koi dan Jual Ikan Koi Murah di Bekasi

 

Pasang Filter Kolam Ikan Koi

Langkah terakhir yang juga sebaiknya mendapat perhatian penuh untuk cara cepat memperbesar ikan koi yaitu dengan memasang filter kola mikan koi yang baik dan sesuai. Hal ini merupakan salah satu unsur yang wajib diperhatikan para peternak ikan koi. Karena sirkulasi udara dan kebersihan dalam kolam merupakan sesuatu yang harus terus dijaga dan diperhatikan. Oleh sebab itu, sebaiknya selalu perhatikan cara pasang filter kolam ikan koi yang tepat seperti berikut ini:

  • Pada lapisan pertama filter sebaiknya berikan pasir, kerikil dan ijuk. Fungsinya lebih untuk menyaring sampah yang mungkin terjadi termasuk adanya lumpur di area kolam.
  • Pada lapisan kedua berikan karbon zeolite. Gunanya untuk membantu menghilangkan baru serta racun dan kuman penyakit.
  • Pada lapisan ketiga berikan pestisida secukupnya.
  • Pada lapisan keempat sebaiknya berikan tanaman atau dapat juga bebatuan yang membantu mengikat kotoran pada kolam.
  • Jangan lupa memastikan kadar PH air yang tepat seperti yang telah diinfokan sebelumnya.
  • Bersihkan filter dengan air bersih secara teratur supaya tidak mudah kotor dan lebih awet.
  • Sebaiknya tetap mengganti air kolam dua kali seminggu untuk kolam bersih yang lebih maksimal. Sehingga dapat membantu supaya ikan koi cepat bertumbuh besar dan dapat segera mendatangkan keuntungan yang diharapkan.

Itulah beberapa penjelasan serta tips dan trik cara memelihara ikan koi supaya cepat besar. Dengan mengetahui cara merawat ikan koi agar cepat besar tersebut, tentunya bisnis ternak ikan koi yang dijalankan dapat segera memberikan keuntungan. Sehingga biaya operasional juga sesuai dan modal dapat segera kembali juga dengan cepat. Sebaiknya jika menghendaki usaha berjalan lancar, pilih tempat kerja sama yang baik dan terpercaya. Melalui CV Agro Koi Farm Kediri https://www.jualkoi.id/, maka hal ini bisa terwujud lebih maksimal dan budidaya ikan koi yang dijalankan akan tetap sukses serta berjalan lancar.

 

Baca juga: Cara Jitu Memilih Ikan Koi yang Bagus dan Daftar Harga Ikan Koi